Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Bahasa Indonesia KB 4 PPG Terbaru - Pada potensi kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formati Modul Bahasa Indonesia Kegiatan Belajar 4 - Profesional, mengenai APRESIASI DAN KREASI SASTRA ANAK. Kegiatan mencar ilmu mengenai Apresiasi dan Kreasi Sastra Anak ini akan membahas: konsep sastra anak, genre atau jenis sastra anak di SD, mengapresiasi genre sastra anak (puisi, prosa, dan drama anak) secara reseptif dan ekspresif/produktif, cara menyusun pola jenis sastra anak puisi, prosa, dan drama, serta mengaplikasikan sastra anak dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Materi modul ini terdiri atas:
(1) hakikat sastra anak;
(2) apresiasi reseptif;
(3) apresiasi ekspresif/produktif;
(4) pendekatan apresiasi sastra reseptif;
(5) pertumbuhan kesanggupan apresiasi sastra anak;
(6) jenis sastra (puisi, prosa, dan drama);
(7) unsur intrinsik puisi;
(8) unsur intrinsic prosa; dan
(9) unsur intrinsik drama.
Selain sembilan bahan tersebut, dalam modul ini dibahas pula, kisah yang tepat dengan anak sekolah dasar serta contoh-contoh buku untuk siswa sekolah dasar.
Sastra anak mencakupi semua jenis penulisan inovatif dan imajinatif yang khusus untuk dibaca dan menghibur anak-anak. Dengan demikian sastra anak menampilkan kesenangan dan pengertian bagi anak-anak. Sastra anak erat kaitannya dengan dunia bawah umur dan bahasa yang digunakannya pun sesuai dengan pertumbuhan intelektual dan emosional anak.Secara konseptual, sastra bawah umur tidak jauh berlawanan dengan sastra orang remaja (adult literacy). Keduanya sama pada daerah sastra yang meliputi segala kehidupan dengan perasaan, pikiran, dan pengetahuan kehidupan. Apresiasi anak di sekolah dasar dibagi dua yakni apresiasi sastra secara reseptif dan apresiasi sastra secara ekspresif/produktif. Apresiasi sastra anak secara reseptif merupakan acara mengapresiasi dengan teori resepsi pada suatu karya. Apresiasi ekspresif/produktif merupakan apresiasi karya sastra yang menekankan pada proses inovatif dan penciptaan.
Capaian Pembelajaran
Sesuai dengan isi Kurikulum PPG PGSD 2019, Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK) ke-2 Pendalaman Materi Bidang Studi Bahasa Indonesia untuk KB-4 merupakan menguasai bahan apresiasi dan kreasi sastra anak serta penerapannya dalam pembelajaran di SD.
Subcapaian Pembelajaran
Berdasarkan capaian pembelajaran yang sudah ditetapkan di atas, subcapaian pembelajaran yang mesti dicapai lewat telaah bahan modul ini adalah: Berdasarkan capaian pembelajaran di atas, dijabarkan subcapaian pembelajaran berikut ini.
a. menerangkan hakikat sastra anak;
b. menerangkan hakikat apresiasi sastra reseptif dan ekspresif/produktif;
c. menerangkan pendekatan dalam mengapresiasi sastra anak;
d. menerangkan pertumbuhan kesanggupan mengapresiasi sastra anak;
e. menerangkan unsur instrinsik puisi;
f. menerangkan unsur intrinsik prosa;
g. menerangkan unsur instrinsik drama;
h. menerangkan jenis- jenis sastra anak di SD;
i. mempersiapkan pembelajaran sastra anak di SD; dan
j. menerapkan seni administrasi pembelajaran sastra di SD.
Rangkuman
Sastra bawah umur meliputi semua jenis penulisan inovatif dan imajinatif yang khusus untuk dibaca dan menghibur anak-anak. Sastra anak berhugungan dengan dunia bawah umur dan bahasa yang dipakai juga sesuai dengan pertumbuhan intelektual dan emosional anak yang memposisikan bawah umur selaku fokusnya. Sastra anak selaku sumber pembelajaran bahasa di sekolah dasar terdiri atas banyak sekali genre, yaitu: buku bergambar, fiksi realistik, fiksi sejarah, fantasi/fiksi ilmiah, sastra tradisional, puisi, dan biografi yang difiksikan. Adapun tujuan dari pembelajaran sastra anak di SD adalah: memberi kesenangan dan kbahagiaan, memperbesar pengetahuan, membuatkan imajinasi, membuatkan berpikir kreatif, membuatkan apresiasi sastra, membuatkan karakter, membuatkan kesadaran bersastra, dan menginterpretasi bacaan sastra. Strategi yang sanggup dipakai dalam proses pembelajaran sastra anak di sekolah dasar merupakan selaku berikut; bercerita, berbicara, bercakapcakap, mengungkapkan pengalaman, membacakan puisi, mengarang terikat & bebas, menulis narasi, deskripsi, eksposisi & argumentasi, menulis menurut gambar/visual, mendramatisasikan karya sastra.
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Bahasa Indonesia KB 4 PPG Terbaru
1. Pengertian apresiasi sastra secara lazim merupakan ...
A. Penilaian yang bagus atau penghargaan kepada karya sastra
B. Pengenalan lewat perasaan atau kepekaan batin, dan pemahama serta legalisasi kepada nilai-nilai keindahan karya sastra
C. Penafsiran mutu serta santunan nilai yang masuk akal menurut pengamatan, dan pengalaman yang jelas, sadar, serta kritis
D. Kegiatan menggauli cipta sastra dengan betul-betul sampai berkembang pengertian, penghargaan, kepekaan asumsi kritis dan kepekaan perasaan yang baik
E. Mempelajari teori sastra
2. Pelajaran sastra di SD kelas tinggi, berkonsentrasi pada....
A. Teori sastra
B. Sejarah sastra
C. Periodesasi sastra
D. Psikosastra
E. Apresiasi sastra
3. Tujuan mengatakan kisah anak/dongeng, tertera di bawah ini, kecuali....
A. Memberikan hiburan
B. Mengembangkan imajinasi
C. Mengembangkan bahasa
D. Mengembangkan impian dan kebebasan
E. Mengembangkan pengetahuan
4. Pendekatan yang sanggup dipraktekkan dalam mengapresiasi sastra anak reseptif, kecuali....
A. Pendekatan Emotif
B. Pendekatan Didaktis
C. Pendekatan Iconic
D. Pendekatan Analitis
E. Pendekatan Filosofis
5. Pelajaran sastra di SD kelas rendah, berkonsentrasi pada....
A. Angkatan sastra
B. Teori sastra
C. Sejarah sastra
D. Periodesasi sastra
E. Apresiasi sastra
6. Tujuan mengatakan kisah biografi, tertera di bawah ini, kecuali....
A. Memberikan hiburan atau kesenangan
B. Mengembangkan impian dan kebebasan
C. Mengembangkan imajinasi
D. Mengembangkan bahasa
E. Mengembangkan pengetahuan sejarah dan kepahlawanan
7. Jalan-jalan ke pasar baru
Jangan lupa beli celana
Kalau punya sobat baru
Jangan lupa sobat lama
Puisi di atas berupa :
A. Pantun
B. Gurindam
C. Syair
D. Puisi bebas
E. Epik
8. Puisi di atas mencakup genre :
A. Puisi baru
B. Puisi modern
C. Puisi lama
D. Pujangga Baru
E. Puisi kontenporer
9. Deklamasi dan membaca cerpen, mencakup jenis membaca...
A. Perpustakaan
B. Indah
C. Dalam hati
D. Nyaring
E. Pemahaman
10. Manfaat yang diperoleh dari membaca karya sastra merupakan ...
A. Memperoleh kenikmanatan
B. Mendapatkan pelajaran
C. Mendidik nilai-nilai kehidupan
D. Memperoleh kenikmatan, pelajaran, dan mendidik nilai-nilai kehidupan
E. Memperoleh kebebasan
Postingan populer dari blog ini
Contoh Ucapan Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini - Sebentar lagi memasuki hari raya dul firi dimana sebulan berlau kita akan meninggalkan yang namnya puasa, semoga puasa sebulan penuh apa yang kita lakukan tidak hanya menahan lapar dan dahaga tetapi segala amal ibdah yang dilakukan kita diterima amal ibadhnya. berikut adalah Contoh Ucapan Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini : Berikut adalah salah satu contoh Contoh Ucapan Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini silahkan untuk diperhatikan baik-baik: Itu saja contoh Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini, semoga kita kembalinya kefiri tidak hanya ibadah tekun pada bulan puasa saja akan tetapi dilain hari itu semoga bisa ditingkatkan lagi dalam ibdahnya. admin ucapakan selamat hari raya diul fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Soal UTS TIK (Komputer) Kelas 4 SD Semester 2 / Genap - Pada Kesempatan kali ini admin akan coba berbagi kembali tentang soal UTS untuk persiapan putra - putrinya belajar di rumah menghadapi UTS atau barang kali untuk ibu d an bapak yang mencari refrensi Soal UTS TIK (Komputer) Kelas 4 SD Semester 2 / Genap , Dibawah ini adalah salah satu contoh Soal UTS TIK (Komputer) Kelas IV SD Semester 2 / Genap Untuk lebih lengkapnya simak saja dibawah ini Dibawah ini adalah salah satu contoh Soal UTS TIK (Komputer) Kelas IV SD Semester 2 / Genap Untuk lebih lengkapnya simak saja dibawah ini I. Berilah tanda silang pada hurup a, b, c atau d di depan jawaban yang benar 1. Nama perangkat lunak pada gambar diatas adalah …… a.Wordstar b. Microrosoft Word 2007 c.Wordpad d. Microrosoft windows 2. Untuk memulai Microsoft word kita klik …. a. Star - Microsoft Office - Microsoft office wor...
Contoh Tata Tertib Perpustakaan yang Baru - pada kesempatan kali ini admin sedikit shering tentang salah satu pengetahuan yang mana tentang tata tertib perpustakaan , biasanya jika dalam lingkungan sekolah ada perpustakaan idealnya ada yang namanya tata tertib sehingga dengan adanya tata tertib peserta didik akan terbiasa disiplin , berikut ini adalah salah satu Contoh Tata Tertib Perpustakaan. Berikut ini adalah salah satu contoh tata tertib yang sudah diaplikasikan Untuk lebih jelasnya coba simak saja dibawah ini: Bacajuga : Tips Cara Mudah Mengoreksi Soal Secara Manual Itu saja yang bisa disampaikan semoga bermanfaat , semoga perpustakaan yang sedang rekan emban bisa menambah kedisiplian peserta didiknya. terimakasih sudah berkunjung.
|
Komentar
Posting Komentar