Ppg Daljab 2020/2021: Soal Dan Kunci Balasan Tes Formatif Modul Matematika Kb 4 Ppg Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Matematika KB 4 PPG Terbaru - Pada potensi kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Matematika Kegiatan Belajar 3 - Profesional, perihal Kapita Selekta Matematika. Kegiatan mencar ilmu ini menyuguhkan bahasan mengenai kapita selecta matematika. Secara rinci kegiatan mencar ilmu ini menyuguhkan tentang:

  1. Logika matematika.
  2. Pola bilangan dan deret bilangan.
  3. Persamaan linear, pertidaksamaan linear dan grafik fungsi linear.
  4. Persamaan kuadrat, pertidaksamaan kuadrat dan grafik fungsi kuadrat.
  5. Trigonometri

Capaian Pembelajaran

  • Menguasai wawasan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks bahan logika, teladan bilangan, persamaan linear, persamaan kuadrat dan grafik fungsi polinomial.
  • Menguasai konsep teoretis bahan pelajaran matematika secara mendalam.

Sub Capaian Pembelajaran

  • Menarik kesimpulan matematis dengan menggunakan kebijaksanaan sehat logis.
  • Menentukan rumus dari sebuah teladan bilangan dan deret bilangan.
  • Menyelesaikan duduk problem yang berhubungan dengan persamaan linear dan persamaan kuadrat.
  • Memecahkan duduk problem yang berhubungan dengan grafik fungsi linear dan kuadrat.
  • Memecahkan duduk problem yang berhubungan dengan trigonometri

Baca Juga :

Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia






Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia 


Modul 2 Profesional - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional  - Matematika


Rangkuman

a. Logika Matematika.

  1. Pernyataan merupakan kalimat matematika tertutup yang memiliki nilai kebenaran “benar” atau “salah”, tetapi tidak kedua-duanya pada dikala yang bersamaan.
  2. Tautologi merupakan penyataan yang semua nilai kebenarannya benar tanpa menatap nilai kebenaran komponen-komponen pembentuknya.
  3. Kontradiksi merupakan penyataan yang semua nilai kebenarannya salah tanpa menatap nilai kebenaran komponen-komponen pembentuknya.
  4. Kontingensi merupakan pernyataan yang bukan merupakan tautologi dan kontongensi.
  5. Pernyataan kondisional (𝑝𝑞), memiliki hubungan konvers (𝑞𝑝), invers ( 𝑝 𝑞), dan kontrapositif ( 𝑞 𝑝).
  6. Aturan penarikan kesimpulan antara lain: modus ponen, modus tolen, dan silogisme.

b. Pola Bilangan dan Deret Bilangan.

  1. Penalaran deduktif atau berpikir deduktif merupakan kesanggupan seseorang dalam memukau kesimpulan menurut pernyataan-pernyataan yang bersifat umum.
  2. Penalaran induktif merupakan kesanggupan seseorang dalam memukau kesimpulan yang bersifat lazim lewat pernyataan yang bersifat khusus. Penalaran induktif termasuk pola, praduga dan pembentukan generalisasi.
  3. Rumus teladan persegi panjang merupakan 𝑈𝑛 = 𝑛(𝑛 + 1)
  4. Sebuah barisan dinamakan barisan aritmatika kalau dan cuma kalau selisih dua suku yang berurutan senantiasa tetap.
  5. Rumus suku ke-𝑛 dari sebuah barisan aritmatika adalah: Un = a + (n − 1)b
  6. Suatu barisan dinamakan barisan geometri kalau dan cuma kalau hasil bagi setiap suku dengan suku sebelumnya senantiasa tetap.

c. Persamaan linear, Pertidaksamaan Linear dan Grafik Fungsi Linear.

  1. Persamaan linier merupakan sebuah kalimat matematika yang mengandung satu atau lebih variabel yang derajat tertingginya satu yang dihubungkan dengan tanda “=”.
  2. Bentuk lazim persamaan linear satu variabel adalah: 𝑎𝑥 + 𝑏 = 𝑐, 𝑎 ≠ 0.
  3. Bentuk lazim persamaan linear dua variabel adalah: 𝑎𝑥 + 𝑏𝑦 = 𝑐, dengan 𝑎 dan 𝑏 ≠ 0.
  4. Menentukan himpunan solusi persamaan linear dua variable sanggup menggunakan sistem eliminasi atau sistem substitusi.
  5. Pertidaksamaan linear merupakan sebuah kalimat matematika yang mengandung satu atau lebih variabel yang derajat tertingginya satu yangdihubungkan dengan tanda “≠”, atau “<”, atau “>”, atau “≤”, atau “≥”.

d. Persamaan kuadrat, Pertidaksamaan Kuadrat dan Grafik Fungsi Kuadrat.

  1. Persamaan kuadrat merupakan sebuah kalimat matematika yang mengandung satu atau lebih variabel yang derajat tertingginya dua yang dihubungkan dengan tanda “=”.
  2. Pertidaksamaan kuadrat merupakan sebuah kalimat matematika yang mengandung satu atau lebih variabel yang derajat tertingginya dua yang dihubungkan dengan tanda “<”, “>”, “≤”, atau “≥”.
  3. Bentuk lazim persamaan kuadrat satu variabel adalah: 𝑎𝑥 2 + 𝑏𝑥 + 𝑐 = 0, dimana a≠ 0. Untuk menyeleksi himpunan solusi persamaan kuadrat dengan cara pemfaktoran, melengkapkan kuadrat, ataupun rumus kuadratis.
  4. Menggambar grafik fungsi kuadrat sanggup dijalankan dengan cara menyeleksi titik potong kepada sumbu 𝑥 dan sumbu 𝑦, menyeleksi persamaan sumbu simetri dan menyeleksi koordinat titik balik.

e. Trigonometri

  1. Perbandingan trigonometri merupakan perbandingan yang berlaku pada segitiga siku-siku.
  2. sudut elevasi merupakan sudut terbuat arah horizontal dengan arah pendangan mata pengamat ke arah atas. Sudut tertekan merupakan sudut terbuat oleh arah horizontal dengan arah persepsi mata pengamat ke arah bawah.

 

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Matematika KB  PPG Daljab 2020/2021: Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Matematika KB 4 PPG Terbaru
ARNAIM.COM - SOAL DAN KUNCI JAWABAN TES FORMATIF KB 4 MODUL MATEMATIKA

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Matematika KB 4 PPG Terbaru

1. Pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan: “Jika 𝑥 bilangan genap dan 𝑦 bilangan ganjil, maka 𝑥 + 𝑦 bilangan ganjil” merupakan …

a. Jika 𝑥 + 𝑦 bilangan genap, maka 𝑥 bilangan ganjil dan 𝑦 bilangan genap

b. Jika 𝑥 + 𝑦 bilangan genap, maka 𝑥 bilangan ganjil atau 𝑦 bilangan genap

c. Jika 𝑥 bilangan ganjil dan 𝑦 bilangan genap, maka 𝑥 + 𝑦 bilangan genap

d. Jika 𝑥 bilangan ganjil atau 𝑦 bilangan genap, maka 𝑥 + 𝑦 bilangan genap

e. Jika 𝑥 + 𝑦 bilangan genap, maka 𝑥 bilangan genap atau 𝑦 bilangan genap


2. 𝑃1 : Jika Firman melakukan latihan soal matematika, maka Firman siap untuk ikut tes.

𝑃2 : Jika Firman siap untuk ikut tes, maka Anton akan mencar ilmu Bersama Firman.

𝑃3 : Anton tidak mencar ilmu bareng Firman.

Kesimpulan yang sempurna dari pernyataan-pernyataan tersebut merupakan …

a. Firman melakukan latihan soal matematika.

b. Firman ikut tes.

c. Firman tidak ikut tes.

d. Firman tidak melakukan soal matematika.

e. Anton mencar ilmu bareng Firman

 

3. Suku ke-9 dan suku ke-10 dari barisan berikut 3, 4, 7, 11, 18, …

a. 29 dan 47.

b. 47 dan 76.

c. 76 dan 123.

d. 123 dan 199.

e. 199 dan 322.

 

4. Perhatikan teladan berikut ini:

Pola ke-1 , 1 = 1

Pola ke-2, 4 = 1 + 3

Pola ke-3, 9 = 1 + 3 + 5

Pola ke-4, 16 = 1 + 3 + 5 + 7

Pola ke-18, m = 1 + 3 + 5 + 7 + … + n.

Nilai m - 2n merupakan ….

a. 254

b. 289

c. 324

d. 355

e. 394

 

5. Jumlah suku-suku deret aritmatika yang suku pertamanya 52, suku

terakhirnya 158, dan beda 4 merupakan …

a. 5.400

b. 5.460

c. 5.670

d. 5.720

e. 5.940

 

6. Tujuh tahun yang kemudian umur Ibu sama dengan enam kali umur Hani. 7 depan umur Ibu dua lebihnya dari 3 kali umur Hani. Umur Hani dua tahun yang kemudian merupakan … tahun

a. 10

b. 11

c. 12

d. 13

e. 14

 

7. Persamaan garis yang lewat titik (-4, 3) dan (1, -3) merupakan ….

a. −6𝑥 + 5𝑦 = −9

b. 6𝑥 − 5𝑦 = −9

c. 6𝑥 + 5𝑦 = 9

d. −6𝑥 + 5𝑦 = 9

e. 6𝑥 + 5𝑦 = −9

 

8. Jika 𝑥1 dan 𝑥2 merupakan akar-akar persamaan kuadrat 2𝑥 2 − 9𝑥 + 10 = 0, maka nilai dari (2𝑥1 − 3𝑥2 ) 2 merupakan ….

a.1/4

b. 1/2

c. 0

d. 1

e. 2

 

9. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya tiga kali dari akar persamaan 4𝑥 2 − 16 = 0 merupakan ….

a. 𝑥 2 − 36 = 0

b. 𝑥 2 − 12𝑥 − 36 = 0

c. 4𝑥 2 − 3𝑥 − 16 = 0

d. 2𝑥 2 − 36 = 0

e. 12𝑥 2 − 48 = 0

 

10. Grafik fungsi 𝑓(𝑥) = 𝑥 2 − 9 akan digeser ke kiri 2 satuan dan ke atas 3 satuan, maka persamaan grafik fungsi hasil perubahan merupakan ….

a. 𝑥 2 + 4𝑥 − 2 = 0

b. 𝑥2 + 4𝑥 + 2 = 0

c. 𝑥 2 + 4𝑥 + 10 = 0

d. 𝑥2 − 4𝑥 − 2 = 0

e. 𝑥 2 − 4𝑥 + 2 = 0


Demikian tadi postingan tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Matematika KB 4 PPG Terbaru. Semoga Bermanfaat


Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurtilas : Contoh Ucapan Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini

Kurtilas : Soal UTS TIK (Komputer) Kelas 4 SD Semester 2 / Genap

Kurtilas : Contoh Tata Tertib Perpustakaan yang Baru