Ppg Daljab 2020/2021: Soal Dan Kunci Balasan Tes Sumatif Modul Matematika Ppg Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Matematika PPG Terbaru - Pada peluang kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Matematika PPG. Modul 6 ihwal Pendalaman Materi Matematika Sekolah Dasar. Modul 2 ihwal Pendalaman Materi Matematika sanggup tertuntaskan dengan baik, tertib, dan efektif tanpa halangan apapun yang berarti. Modul 2 ini disusun dengan tujuan untuk memajukan kesanggupan akseptor Pendidikan Profesi Guru dalam membuatkan RPP, materi ajar, media pembelajaran, LKPD, dan instrumen analisa untuk digunakan dalam pembelajaran di SD. Berdasarkan tujuan tersebut, Modul 2 ini dikembangkan menjadi empat kegiatan berguru selaku berikut:
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional - Matematika
Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Matematika PPG Terbaru 1. Pak Nandi ingin menerapkan pembelajaran menurut pada Teori Bruner pada materi penjumlahan dua buah bilangan lingkaran 4 + 2. Secara garis besar, urutan pembelajaran yang sanggup dijalankan oleh pak Nandi yakni … a. Menyimbolkan (menuliskan) operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis, menggambarkan versi penghapus di papan tulis, dilanjutkan dengan menggunakan benda kasatmata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta menjumlah semua penghapus. b. Menggunakan benda kasatmata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), siswa diminta menjumlah semua penghapus, kemudian menggambarkan versi penghapus di papan tulis, berikutnya menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis. c. Menggunakan benda kasatmata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), siswa diminta menjumlah semua penghapus, kemudian menyimbolkan dalam bentuk bilangan, berikutnya menggambarkan versi penghapus di papan tulis. d. Menggambarkan versi gambar penghapus di papan tulis, menggunakan benda kasatmata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta menjumlah semua penghapus, berikutnya menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis. e. Menggambarkan versi gambar penghapus di papan tulis, menyimbolkan operasi hitung penjumlahan bilangan 2 + 4 di papan tulis, berikutnya menggunakan benda kasatmata (4 buah penghapus dan 2 buah penghapus), kemudian siswa diminta menjumlah semua penghapus. 2. Pada tanggal 25 Februari 2019, Ani, Rina, dan Putri pergi les menggambar bersama-sama. Jika Ani pergi les menggambar setiap 5 hari sekali, Rina setiap 4 hari sekali, dan Putri setiap 6 hari sekali, maka mereka akan pergi les menggambar tolong-menolong lagi pada tanggal …. a. 23 April 2019 b. 24 April 2019 c. 25 April 2019 d. 26 April 2019 e. 27 April 2019 3. Sebuah pekerjaan perbaikan jalan dijadwalkan selesai dalam waktu 60 hari oleh 20 orang pekerja. Setelah 12 hari bekerja, pekerjaan terhenti selama 8 hari. Jika kesanggupan melakukan pekerjaan setiap pekerja dianggap sama dan mudah-mudahan pembangunan selesai sempurna waktu, banyak pekerja pemanis yang dikehendaki adalah.... a. 4 pekerja b. 8 pekerja c. 10 pekerja d. 12 pekerja e. 24 pekerja 4. Di antara soal-soal berikut ini yang sanggup mengukur kesanggupan berpikir tingkat tinggi yakni …. a. Ibu memiliki 1/3 belahan kue, kemudian ayah memberi 1/2 belahan masakan ringan bagus yang serupa terhadap ibu. Besar belahan masakan ringan bagus yang dimiliki oleh ibu yakni …. b. Seekor katak melompat secara konstan. Apabila setiap melompat katak sanggup melompati 2 buah batu, berapa buah kerikil yang terlompati jikalau katak melompat 10 lompatan? c. Diketahui 1*2 = 4, 2*3 = 7, 3*4 = 10, buktikan bahwa 4*5 = 13? d. 2 + (-3) x 15 : 5 = …. e. Pada suatu kelas terdapat 40 orang siswa. Berdasarkan data ekstrakulikuler 60% siswa mengikuti ekstrakulikuler robotik. Banyak siswa yang mengikuti ekstrakulikuler robotik yakni …. 5. Ibu memiliki setengah loyang kue. Kue tersebut dibagi secara rata untuk ayah, ibu, kakak, dan adik. Ibu cuma mengkonsumsi 1/3 dari masakan ringan bagus bagiannya dan sisa masakan ringan bagus ibu diberikan terhadap adik. Bagian masakan ringan bagus yang diterima adik segalanya yakni …. a.1/12 b. 1/3 c.1/8 d. 1/6 e.5/24 6. Ibu Endang akan mengajarkan materi bilangan pecahan senilai (1/2=2/4) pada siswanya. Langkah pembelajaran yang dijalankan Ibu Endang yakni selaku berikut: 1) Menyiapkan kertas. 2) Membagi kertas pertama menjadi 2 belahan yang serupa dan salah satu bagiannya diarsir. 3) Siswa menyeleksi nilai pecahan kertas yang diarsir. 4) Melipat 2 lagi kertas tersebut. 5) Siswa menyeleksi nilai pecahan yang gres dari kertas yang diarsir. 6) Meminta siswa untuk berbincang besar tempat yang diarsir apakah besarnya tetap sama. 7) Meminta siswa untuk menuliskan nilai pecahannya. 8) Menyimpulkan bahwa tempat yang diarsir tetap, namun pecahannya berbeda, akan namun memiliki nilai yang sama. Pembelajaran yang dijalankan Ibu Endang yakni pembelajaran dengan pendekatan … a. naturalistik b. konstruktivisme c. behavioristik d. dualism e. rasionalisme 7. Untuk membelajarkan siswa pada topik volume balok, ditempuh langkahlangkah berikut ini: (1) Merumuskan rumus volume balok. (2) Menanyakan bagaimana cara menyeleksi banyak kubus satuan. (3) Menanyakan banyak kubus satuan yang dikehendaki untuk mengisi kardus berupa balok. (4) Merumuskan pemahaman volume balok. (5) Memberi soal ihwal volume balok. (6) Memberi permasalahan bagaimana menyeleksi banyak kubus satuan yang hendak dimasukkan ke dalam kardus berupa balok. Ibu Anis ingin siswanya berguru volume balok dengan pendekatan konstruktivisme, urutan langkah pembelajaran yang dilakukannya yakni …. a. (4), (1), (5), (6), (2), (3) b. (2), (3), (4), (1), (6), (5) c. (2), (3), (1), (4), (6), (5) d. (2), (3), (1), (4), (5), (6) e. (6), (2), (3), (1), (4), (5) 8. Perhatikan gambar tersebut! Apabila volume bangkit tersebut sebelum diiris menjadi dua buah prisma segitiga yakni 6144𝑐𝑚3 , maka luas permukaan suatu prisma segitiga tersebut yakni … 𝑐𝑚2 a. 688 b. 1376 c. 1468 d. 1568 e. 3072 9. Sebuah tangki air berupa bola dengan diameter 120 cm diisi air 2/3 bagian. 1/2 belahan air tersebut dipindahkan ke tangki air yang berupa tabung dengan diameter 60 cm. Tinggi air pada tangki yang berupa tabung yakni … cm. a. 106,67 b. 110 c. 116,67 d. 213,37 e. 220 10. Fahmi mengisi suatu kolam mandi hingga sarat dengan menggunakan 8 bejana besar dan 5 bejana kecil. Keesokan harinya Reymond mengisi kolam mandi yang serupa dengan 6 bejana besar dan 8 bejana kecil. Perbandingan volume bejana kecil dan bejana besar yakni …. a. 2 : 3 b. 3 : 2 c. 2 : 4 d. 2 : 11 e. 3 : 11 11. Sebuah kolam mandi yang berskala (60 x 40 x 90) 𝑐𝑚 diisi air hingga penuh. Apabila waktu yang dikehendaki untuk mengisi kolam mandi tersebut yakni 8 menit, debit air untuk mengisi kolam mandi tersebut yakni … 𝑙𝑖𝑡𝑒𝑟/𝑑𝑒𝑡𝑖𝑘. a. 6,75 b. 4,5 c. 0,81 d. 0,675 e. 0,45 12. Sebuah kubus ABCD.EFGH memiliki panjang rusuk 8 cm. AH dan BG yakni diagonal bidang kubus ABCD.EFGH. Luas ABGH yakni … 𝑐𝑚2. a. 16 b. 16√2 c. 64 d. 64√2 (Nomor 4) e. 128 13. Pada suatu kegiatan pramuka, Zaky dan teman-temannya diminta untuk mengukur lebar suatu sungai. Di seberang sungai terdapat suatu pohon. Zaky dan teman-temannya menancapkan 4 pasak di seberang pohon, sehingga terlihat menyerupai gambar berikut ini: Lebar sungai yang diukur Zaky dan teman-temannya yakni … m a. 11 b. 12 c. 15 d. 16 e. 24 14. Dua buah bus antar provinsi berangkat dari terminal dan menuju kota yang sama. Bus A berangkat pukul 15.00 dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Bus B berangkat pukul 17.30 dengan kecepatan rata-rata 75 km/jam. Apabila bus B melalui rute yang serupa menyerupai rute bus A, bus B akan menyusul bus A pada pukul …. a. 01.00 b. 01.30 c. 03.00 d. 03.30 e. 05.30 15. Sebuah foto ditempelkan pada pigura yang berskala panjang 45 cm dan lebar 30 cm. Jarak foto dengan tepi atas, tepi kanan, dan tepi kiri 5 cm. Jika pigura 256 dan foto sebangun, maka jarak foto dengan tepi bawah pigura yang tidak tertutup foto yakni … cm. a. 5 b. 7 c. 8 d. 10 e. 12 16. Sebuah bus melaju dengan kecepatan 80 km/jam untuk menempuh jarak tempuh 2S km. Kemudian bus tersebut melaju kembali untuk menempuh tempuh 3S km dengan kecepatan 60 km/jam. Kecepatan rata-rata bus tersebut yakni … km/jam. a. 65,00 b. 66, 67 c. 68,00 d. 70,67 e. 72,00 17. Pak Saiful ingin memesan plat nomor kendaraan dengan hukum B XXXX DI. Apabila Pak Saiful mengharapkan tidak ada pengulangan angka di plat nomor terebut, banyak penomoran yang mungkin ada … cara. a. 3.024 b. 4.032 c. 4.536 d. 5.040 e. 5.832 18. Dari 10 orang siswa yang terdiri atas 7 orang putra dan 3 orang putri akan dibikin tim pintar cermat yang beranggotakan paling banyak 2 orang putri. Banyak tim pintar cermat yang sanggup dibikin yakni …. a. 105 b. 140 c. 210 d. 231 e. 252 19. Dari angka- angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 akan dibikin bilangan yang berisikan 3 angka yang berbeda. Banyak bilangan yang berlainan yang lebih dari dari 520 namun kurang dari 760 yakni …. a. 120 b. 108 c. 90 d. 84 e. 72 20. Nilai rata-rata tes matematika dari sekelompok siswa dan siswi pada kelas yakni 5 dan 7. Jika rata-rata nilai tes matematika kelas tersebut yakni 6,2; maka perbandingan banyak siswa dan siswi di kelas tersebut yakni …. a. 2 : 3 b. 3 : 4 c. 2 : 5 d. 3 : 5 e. 4 : 5 21. Median dan rata-rata dari suatu data yang berisikan empat bilangan orisinil sudah diurutkan dari terkecil yakni 8. Apabila selisih antara data paling besar dan data terkecil yakni 10, maka hasil kali data kedua dan keempat yakni …. a. 16 b. 24 c. 39 d. 64 e. 104 22. Pada kegiatan pemeriksaaan kesehatan, diperoleh data rata-rata berat tubuh siswa kelas IV yakni 40 kg. Ternyata di saat dicek kembali pada hari yang serupa rata-rata berat tubuh siswa kelas IV yakni 41 kg, sebab di saat penimbangan permulaan terdapat kekeliruan di saat mencatat berat tubuh Hikmal yang sesungguhnya yakni 60 kg namun tercatat 30 kg. Banyak siswa kelas IV yakni … orang. a. 28 b. 29 c. 30 d. 31 e. 32 23. Terdapat dua buah kalangan data selaku berikut: data kalangan pertama yakni 2, 𝑎, 𝑎, 3, 4, 6 memiliki nilai rata-rata 𝑐, data kalangan kedua 2, 𝑐, 𝑐, 4, 6, 2, 1 memiliki rata-rata 2𝑎. Nilai 𝑐 yakni …. a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 24. Panjang sisi suatu segitiga siku-siku membentuk barisan aritmatika. Jika keliling segitiga siku-siku tersebut yakni 72, maka luas segitiga siku-siku tersebut yakni …. a. 206 b. 216 c. 226 d. 412 e. 432 25. Perhatikan gambar segitiga berikut ini: Titik D terletak pada garis AB, sehingga CD tegak lurus dengan AB. Panjang garis AD yakni …. a.½ 𝑎√2 b. ½ 𝑎√6 c.1/3 𝑎√3 d. 1/6 𝑎√2 e. 1/6 𝑎√6 (Nomor 5) 26. 𝑃1 : Jika Ani berbelanja baju, maka Siti berbelanja sepatu 𝑃2 : Jika Dina tidak berbelanja celana, maka Siti tidak berbelanja sepatu 𝑃3 : Ani berbelanja baju Ke selesai dari premis - premis tersebut yakni …. a. Dina tidak berbelanja celana. b. Siti berbelanja sepatu. c. Dina berbelanja celana. d. Siti tidak berbelanja sepatu. e. Ani tidak berbelanja baju. 27. Salah satu akar persamaan kuadrat 𝑚𝑥2 − 3𝑥 + 2 − 0 yakni dua kali akar yang lain. Nilai 𝑚 yang menyanggupi per samaan kuadrat tersebut merupakan …. a. 3 b. 2 c. 1 d. 0 e. -1 28. Persamaan garis yang tegak lurus dengan garis 3𝑥 − 4𝑦 + 2 = 0 dan lewat titik (2,3) yakni …. a. 4𝑥 − 3𝑦 − 17 = 0 b. 4𝑥 + 3𝑦 − 17 = 0 c. −4𝑥 − 3𝑦 − 17 = 0 d. −4𝑥 + 3𝑦 − 17 = 0 e. 4𝑥 + 3𝑦 − 1 = 0 29. Rumus suku ke-n dari barisan -4, -1, 2, 5, …. yakni …. a. 3𝑛 − 1 b. 3𝑛 + 1 c. 3𝑛 − 4 d. 3𝑛 − 7 e. 3𝑛 + 7 30. Sebuah garis 𝑓(𝑥) = 𝑎𝑥 + 7 dan 𝑓(𝑥) = 𝑥 2 + 𝑏𝑥 + 6 berpotongan pada dua buah titik yakni (-1, 12) dan …. a. (1, 2) b. (1, 12) c. (2, -3) d. (2, 3) e. (0, 7) Demikian tadi postingan tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul Matematika PPG Terbaru. Semoga bermanfaat. Baca Juga : Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Modul 3 - Pembelajaran Inovatif Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif |
Komentar
Posting Komentar