Soal dan Kunci Jawaban Forum Diskusi Modul Bahasa Indonesia PPG Terbaru
Jawaban Kegiatan Belajar 1Sebagai seorang guru, apakah Saudara pernah mengalami kesusahan dalam mengajarkan teks eksplanasi dan deskripsi di SD kelas tinggi? Bagaimana penyelesaian yang Saudara laksanakan untuk menangani kesusahan tersebut?
Saya pernah mengalami kesusahan dalam mengajarkan teks eksplanasi dan deskripsi di SD kelas tinggi. Permasalahan yang timbul yakni siswa sulit untuk mengidentifikasi jenis teks yang disajikan. Apakah tergolong ke dalam teks eksplanasi, eksposisi atau teks deksripsi.
Solusi dari permasalahan di atas yakni :
1. Saya memperkuat konsep pengertian anak wacana karakteristik setiap jenis teks dilihat dari ciri-ciri mayoritas nya, misal untuk teks eksplanasi ciri mayoritas nya merupakan berisi klarifikasi wacana proses terjadinya fenomena alam, sosial, ilmu wawasan dan budaya. Teks jenis ini menerangkan proses terjadinya atau hadirnya sesuatu fenomena atau peristiwa. Misal fenomena gunung meletus, gerhana matahari, kebakaran hutan dan lain sebagainya. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran sanggup meningkatkan daya imajinasi siswa dan kesanggupan berbahasa siswa.
2. Ala bisa alasannya merupakan biasa. Semakin banyak referensi teks yang disajikan, anak akan sudah biasa mengidentifikasi jenis teks dengan mudah. Guru memamerkan stimulus berupa teks dan anak menganalisis teks tersebut dari ciri-ciri yang tersurat atau isinya.
3. Menggunakan media berbasis audio visual untuk menstimulus siswa mudah-mudahan daya imajinasi dan kesanggupan berbahasa siswa berkembang, disamping itu motivasi dan minat siswa akan meningkat dengan memakai media audio visual tersebut. Jawaban Kegiatan Belajar 2
Sebagai seorang guru, apakah Saudara pernah mengalami kesusahan dalam mengajarkan teks dongeng rakyat dan puisi di SD kelas tinggi? Bagaimana penyelesaian yang Saudara laksanakan untuk menangani kesusahan tersebut?
Permasalahan yang terjadi dikala mengajarkan teks dongeng rakyat dan puisi di kelas atas bervariasi, diantaranya :
1. Kelancaran dan kefasihan membaca semua siswa di kelas berbeda-beda, bahkan di kelas saya masih ada siswa kelas atas yang masih membaca dengan cara mengeja apalagi dahulu. Ini pastinya menjadi PR bagi saya selaku guru di kelas 5.
2. Minat baca siswa tergolong rendah
3. Daya imajinasi siswa kurang berkembang
Solusi dari permasalahan di atas, salah satunya saya oke dengan rekomendasi Pa Bastiar yakni dengan menjalankan acara Literasi Membaca.
Solusi lain untuk permasalahan di atas, diantaranya :
1. Menggunakan IT dalam pembelajaran dongeng rakyat dan puisi. Misal dengan memakai media audio visual berupa video dan power point mudah-mudahan menawan perhatian dan motivasi anak.
2. Membiasakan anak untuk menjalankan brainsttorming bareng setelah menjalankan acara literasi membaca untuk meningkatkan daya imajinasi anak
3. Membimbing anak yang masih mengalami kesusahan dalam membaca fasih secara perorangan atau kelompok
Jawaban Diskusi Kegiatan Belajar 3Saudara sudah mempelajari beberapa referensi jenis teks nonfiksi. Beberapa kendala yang pernah terjadi mengambarkan banyaknya buku bacaan untuk siswa usia SD yang tidak pantas beredar dan dimakan oleh anak-anak. Hal tersebut menghasilkan resah para orang renta dan guru alasannya merupakan sungguh mempengaruhi pertumbuhan pemikiran dan imajinasi anak. Berdasarkan kendala tersebut diskusikanlah bareng temannu beberapa hal berikut ini:
Apa langkah preventif Saudara dalam menjalankan pembelajaran bahan teks nonfiksi mudah-mudahan teks yang dipelajari sesuai dan pantas untuk anak usia Sekolah Dasar? Apa langkah kuratif yang hendak Saudara laksanakan jikalau teks nonfiksi yang tidak pantas sudah beredar ditangan siswa? Uraikanlah jenis-jenis teks nonfiksi di SD menurut Permendikbud wacana Standar Isi.
Kelas Rendah : menuliskan pengalaman memakai kalimat sederhana dengan huruf sambung, menulis karangan pendek wacana acara anggota keluarga, dan menulis dongeng sederhana wacana kesukaan dan ketidaksukaan.
Kelas Tinggi : membuat ringkasan, menulis teks mekanisme wacana menampung mainan dan cara menggunakannya, menulis deskripsi wacana benda di sekeliling atau seseorang dengan bahasa yang runut, menulis surat untuk teman dekat sebaya wacana pengalaman, undangan, atau impian dengan bahasa yang komunikatif, menyusun laporan sederhana hasil pengamatan, meringkas subbab buku memakai bahasa sendiri, menulis pengalaman eksklusif dalam bentuk prosa sederhana, menyodorkan informasi dalam bentuk iklan dengan bahasa yang komunikatif, dan menulis surat resmi.
Beberapa diantaranya yang saya kutip dari Permendikbud No. 21 Tahun 2016, untuk kelas Rendah dan Kelas Tinggi sanggup dlihat dibawah ini :
Jawaban Diskusi Kegiatan Belajar 4Aksara Karya Andi Utama
Ajarkan kami wahai guru Kelak kami akan melangkah Seperti bulan dan matahari Agar kami tahu kapan tuk padam dan bersinar Rahmatilah ilmu kami Dalam moral dan aksara
Mengapa puisi diatas sanggup digolongkan pada jenis karya sastra anak ?
Bertema sederhana, sesuai dengan dunia anak-anak Tidak mengandung unsur-unsur yang tidak pantas untuk anak
Bagaimana pengalaman Saudara mengajarkan sastra anak secara reseptif dan produktif?
Silahkan ceritakan pengalaman Anda...
Postingan populer dari blog ini
Contoh Ucapan Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini - Sebentar lagi memasuki hari raya dul firi dimana sebulan berlau kita akan meninggalkan yang namnya puasa, semoga puasa sebulan penuh apa yang kita lakukan tidak hanya menahan lapar dan dahaga tetapi segala amal ibdah yang dilakukan kita diterima amal ibadhnya. berikut adalah Contoh Ucapan Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini : Berikut adalah salah satu contoh Contoh Ucapan Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini silahkan untuk diperhatikan baik-baik: Itu saja contoh Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini, semoga kita kembalinya kefiri tidak hanya ibadah tekun pada bulan puasa saja akan tetapi dilain hari itu semoga bisa ditingkatkan lagi dalam ibdahnya. admin ucapakan selamat hari raya diul fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Soal UTS TIK (Komputer) Kelas 4 SD Semester 2 / Genap - Pada Kesempatan kali ini admin akan coba berbagi kembali tentang soal UTS untuk persiapan putra - putrinya belajar di rumah menghadapi UTS atau barang kali untuk ibu d an bapak yang mencari refrensi Soal UTS TIK (Komputer) Kelas 4 SD Semester 2 / Genap , Dibawah ini adalah salah satu contoh Soal UTS TIK (Komputer) Kelas IV SD Semester 2 / Genap Untuk lebih lengkapnya simak saja dibawah ini Dibawah ini adalah salah satu contoh Soal UTS TIK (Komputer) Kelas IV SD Semester 2 / Genap Untuk lebih lengkapnya simak saja dibawah ini I. Berilah tanda silang pada hurup a, b, c atau d di depan jawaban yang benar 1. Nama perangkat lunak pada gambar diatas adalah …… a.Wordstar b. Microrosoft Word 2007 c.Wordpad d. Microrosoft windows 2. Untuk memulai Microsoft word kita klik …. a. Star - Microsoft Office - Microsoft office wor...
Contoh Tata Tertib Perpustakaan yang Baru - pada kesempatan kali ini admin sedikit shering tentang salah satu pengetahuan yang mana tentang tata tertib perpustakaan , biasanya jika dalam lingkungan sekolah ada perpustakaan idealnya ada yang namanya tata tertib sehingga dengan adanya tata tertib peserta didik akan terbiasa disiplin , berikut ini adalah salah satu Contoh Tata Tertib Perpustakaan. Berikut ini adalah salah satu contoh tata tertib yang sudah diaplikasikan Untuk lebih jelasnya coba simak saja dibawah ini: Bacajuga : Tips Cara Mudah Mengoreksi Soal Secara Manual Itu saja yang bisa disampaikan semoga bermanfaat , semoga perpustakaan yang sedang rekan emban bisa menambah kedisiplian peserta didiknya. terimakasih sudah berkunjung.
|
Komentar
Posting Komentar