Ppg Daljab 2020/2021: Soal Dan Kunci Respon Lembaga Diskusi Modul Bahasa Indonesia Ppg Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Forum Diskusi Modul Bahasa Indonesia PPG Terbaru - Pada peluang kali ini saya akna membagikan Soal dan Kunci Jawaban Forum Diskusi untuk Modul Profesional Bahasa Indonesia. Modul 5 Bahasa Indonesia ini berisikan 4 Kegiatan Belajar. Dari semua acara belajar, baik KB 1, KB 2, KB 3 dan KB 4 terdapat lembaga diskusi yang hari Mahasiswa jawab dalam LMS PPG 2020. Forum diskusi ini ditawarkan untuk berdiskusi dan membuatkan tentang bahan yang sedang dipelajari PENERAPAN PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA.

Silahkan ikut serta aktif pada lembaga diskusi ini untuk memperdalam pengertian Saudara tentang bahan yang sudah disampaikan di atas, Coba Saudara bahas beberapa topik yang dihidangkan berikut dengan teman-teman kalangan di kelas Saudara! 
Silahkan pilih topik yang menurut Saudara penting untuk dibahas. 

Baca Juga :

Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia






Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia 


Modul 2 Profesional - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional  - Matematika


Soal dan Kunci Jawaban Forum Diskusi Modul Bahasa Indonesia PPG Terbaru

Jawaban Kegiatan Belajar 1

Sebagai seorang guru, apakah Saudara pernah mengalami kesusahan dalam mengajarkan teks eksplanasi dan deskripsi di SD kelas tinggi? Bagaimana penyelesaian yang Saudara laksanakan untuk menangani kesusahan tersebut? 

Saya pernah mengalami kesusahan dalam mengajarkan teks eksplanasi dan deskripsi di SD kelas tinggi. Permasalahan yang timbul yakni siswa sulit untuk mengidentifikasi jenis teks yang disajikan. Apakah tergolong ke dalam teks eksplanasi, eksposisi atau teks deksripsi. 

Solusi dari permasalahan di atas yakni : 

1. Saya memperkuat konsep pengertian anak wacana karakteristik setiap jenis teks dilihat dari ciri-ciri mayoritas nya, misal untuk teks eksplanasi ciri mayoritas nya merupakan berisi klarifikasi wacana proses terjadinya fenomena alam, sosial, ilmu wawasan dan budaya. Teks jenis ini menerangkan proses terjadinya atau hadirnya sesuatu fenomena atau peristiwa. Misal fenomena gunung meletus, gerhana matahari, kebakaran hutan dan lain sebagainya. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran sanggup meningkatkan daya imajinasi siswa dan kesanggupan berbahasa siswa. 

2. Ala bisa alasannya merupakan biasa. Semakin banyak referensi teks yang disajikan, anak akan sudah biasa mengidentifikasi jenis teks dengan mudah. Guru memamerkan stimulus berupa teks dan anak menganalisis teks tersebut dari ciri-ciri yang tersurat atau isinya. 

3. Menggunakan media berbasis audio visual untuk menstimulus siswa mudah-mudahan daya imajinasi dan kesanggupan berbahasa siswa berkembang, disamping itu motivasi dan minat siswa akan meningkat dengan memakai media audio visual tersebut. 


Jawaban Kegiatan Belajar 2

Sebagai seorang guru, apakah Saudara pernah mengalami kesusahan dalam mengajarkan teks dongeng rakyat dan puisi di SD kelas tinggi? Bagaimana penyelesaian yang Saudara laksanakan untuk menangani kesusahan tersebut? 

Permasalahan yang terjadi dikala mengajarkan teks dongeng rakyat dan puisi di kelas atas bervariasi, diantaranya : 

1. Kelancaran dan kefasihan membaca semua siswa di kelas berbeda-beda, bahkan di kelas saya masih ada siswa kelas atas yang masih membaca dengan cara mengeja apalagi dahulu. Ini pastinya menjadi PR bagi saya selaku guru di kelas 5. 

2. Minat baca siswa tergolong rendah 

3. Daya imajinasi siswa kurang berkembang 

Solusi dari permasalahan di atas, salah satunya saya oke dengan rekomendasi Pa Bastiar yakni dengan menjalankan acara Literasi Membaca. 

Solusi lain untuk permasalahan di atas, diantaranya : 

1. Menggunakan IT dalam pembelajaran dongeng rakyat dan puisi. Misal dengan memakai media audio visual berupa video dan power point mudah-mudahan menawan perhatian dan motivasi anak. 

2. Membiasakan anak untuk menjalankan brainsttorming bareng setelah menjalankan acara literasi membaca untuk meningkatkan daya imajinasi anak 

3. Membimbing anak yang masih mengalami kesusahan dalam membaca fasih secara perorangan atau kelompok 

Jawaban Diskusi Kegiatan Belajar 3

Saudara sudah mempelajari beberapa referensi jenis teks nonfiksi. Beberapa kendala yang pernah terjadi mengambarkan banyaknya buku bacaan untuk siswa usia SD yang tidak pantas beredar dan dimakan oleh anak-anak. Hal tersebut menghasilkan resah para orang renta dan guru alasannya merupakan sungguh mempengaruhi pertumbuhan pemikiran dan imajinasi anak. Berdasarkan kendala tersebut diskusikanlah bareng temannu beberapa hal berikut ini:

Apa langkah preventif Saudara dalam menjalankan pembelajaran bahan teks nonfiksi mudah-mudahan teks yang dipelajari sesuai dan pantas untuk anak usia Sekolah Dasar? 
Apa langkah kuratif yang hendak Saudara laksanakan jikalau teks nonfiksi yang tidak pantas sudah beredar ditangan siswa? 
Uraikanlah jenis-jenis teks nonfiksi di SD menurut Permendikbud wacana Standar Isi. 

Kelas Rendah : 
menuliskan pengalaman memakai kalimat sederhana dengan huruf sambung, menulis karangan pendek wacana acara anggota keluarga, dan menulis dongeng sederhana wacana kesukaan dan ketidaksukaan. 

Kelas Tinggi : 
membuat ringkasan, menulis teks mekanisme wacana menampung mainan dan cara menggunakannya, menulis deskripsi wacana benda di sekeliling atau seseorang dengan bahasa yang runut, menulis surat untuk teman dekat sebaya wacana pengalaman, undangan, atau impian dengan bahasa yang komunikatif, menyusun laporan sederhana hasil pengamatan, meringkas subbab buku memakai bahasa sendiri, menulis pengalaman eksklusif dalam
bentuk prosa sederhana, menyodorkan informasi dalam bentuk iklan dengan
bahasa yang komunikatif, dan menulis surat resmi. 

Beberapa diantaranya yang saya kutip dari Permendikbud No. 21 Tahun 2016, untuk kelas Rendah dan Kelas Tinggi sanggup dlihat dibawah ini :



Jawaban Diskusi Kegiatan Belajar 4

Aksara
Karya Andi Utama

Ajarkan kami wahai guru
Kelak kami akan melangkah
Seperti bulan dan matahari
Agar kami tahu kapan tuk padam dan bersinar
Rahmatilah ilmu kami
Dalam moral dan aksara 

Mengapa puisi diatas sanggup digolongkan pada jenis karya sastra anak ? 

Bertema sederhana, sesuai dengan dunia anak-anak 
Tidak mengandung unsur-unsur yang tidak pantas untuk anak 

Bagaimana pengalaman Saudara mengajarkan sastra anak secara reseptif dan produktif? 

Silahkan ceritakan pengalaman Anda...



Demikian tadi postingan wacana Soal dan Kunci Jawaban Forum Diskusi Modul Bahasa Indonesia PPG Terbaru. Semoga Bermanfaat. 

Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurtilas : Contoh Ucapan Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini

Kurtilas : Soal UTS TIK (Komputer) Kelas 4 SD Semester 2 / Genap

Kurtilas : Contoh Tata Tertib Perpustakaan yang Baru