Ppg Daljab 2020/2021: Soal Dan Kunci Respon Tes Formatif Modul Bahasa Indonesia Kb 3 Ppg Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Bahasa Indonesia KB 3 PPG Terbaru - Pada potensi kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formati Modul Bahasa Indonesia Kegiatan Belajar 3 - Profesional, wacana Struktur, Fungsi Dan Kaidah Kebahasaan Teks Non Fiksi. Proses pembelajaran pada semua jenjang pendidikan, akan senantiasa dihadapkan pada sumber atau literatur yang dituangkan secara tertulis. Tulisan berencana mudah-mudahan ilmu tersebut sanggup terekam dan sanggup dimanfaatkan oleh orang banyak. Teks nonfiksi lebih dominantertuang dalam literatur dibandingkan dengan teks fiksi lantaran teks nonfiksi berfungsi selaku salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran untuk menghubungkan antara ilmu yang dituangkan penulis dengan pembaca. Realitas dan aktualitas yang dihadirkan teks nonfiksi berencana untuk memperbesar pengetahuan dan memperkaya pengetahuan pembaca. 

Kegiatan Belajar Ke-3 (KB-3) ini Saudara akan mempelajari secara teoritis dan simpel bahan struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan teks nonfiksi. Secara teoritis Saudara akan mempelajari hakikat, struktur, fungsi, dan kaidah kebasaan teks nonfiksi. Sementara secara simpel Saudara akan berguru menganalisis struktur, fungsi, kaidah kebahasaan, dan kompetensi dasar bahasa Indonesia sehingga sanggup menyeleksi bagaimana mengaplikaskan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menggembirakan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar bahan teks nonfiksi.

Capaian Pembelajaran (CPBS)
Sesuai dengan isi Kurikulum PPG PGSD 2019, Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK) ke-2 Pendalaman Materi Bidang Studi Bahasa Indonesia untuk KB-3 merupakan menguasai struktur, fungsi, dan kaidah kebahasan teks nonfiksi serta aplikasinya dalam pembelajaran di SD.

Subcapaian Pembelajaran
Berdasarkan capaian pembelajaran di atas, dijabarkan subcapaian pembelajaran berikut ini.
a. menganalisis bentuk teks nonfiksi;
b. menganalisis struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan teks nonfiksi;
c. menerangkan konsentrasi pembelajaran menulis di sekolah dasar;
d. menyebarkan indikator dan tujuan pembelajaran menulis teks nonfiksi di sekolah dasar;
e. menganalisis bahan pelajaran (amp) teks nonfiksi sekolah dasar; dan
f. menerangkan Prinsip Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Baca Juga :

Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia






Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia 


Modul 2 Profesional - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional  - Matematika


Rangkuman 
Teks nonfiksi merupakan teks menurut fakta dan kenyataan yang ditulis menurut kajian keilmuan dan atau pengalaman yang bersifat informatif. Secara lazim struktur teks nonfiksi berisikan cuilan pedahuluan, cuilan inti, dan cuilan penutup. Teks nonfiksi berfungsi untuk eksplorasi, informasi, persuasi, perbandingan, juga mendeskripsikan suatu fakta-fakta keilmuan. Bahsa yang digunakan dalam teks nonfiksi merupakan menggunakan kata baku yang tepat dengan Standar penggunaan bahasa sesuai ejaan bahasa Indonesia juga menggunakan kalimat efektif yang menyanggupi unsur kelengkapan, kelogisan, kesepadanan, kesatuan, dan kehematan. Kata dan kalimat yang digunakan juga menggunakan makna yang lugas dan tidak menggunakan makna kiasan yang membuat makna Saudara. 

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Bahasa Indonesia KB 3 PPG Terbaru

1. Anies Baswedan lahir dengan dengan nama lengkap Anies Rasyid Baswedan. Ia dilahirkan padatanggal 7 Mei 1969 di Kuningan, provinsi Jawa Barat. Ia merupakan anak pertama dari Rasyid Baswedan dan Aliyah Rasyid. AniesBaswedan mengawali pendidikan formalnya menjelang usia lima tahun. Ia masuk ke sekolah Taman Kanak-kanak Masjid Syuhada di Kota Baru, Yogyakarta. Kemudian, memasuki usia 6 tahun Anies sekolah di SD Laboratori Yogyakarta. Tamat dari SD, Anies melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Yogyakarta. Anies melanjutkan masa SMA-nya di SMAN 2 Yogya. Anies kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Gajah Mada (UGM) di Fakultas Ekonomi. Sewaktu jadi mahasiswa UGM, Anies mendapat beasiswa Japan Airlines Foundation untuk mengikuti kuliah musimpanas bidang Asian Studies di Universitas Sophia di Tokyo , Jepang. 

Penggalan teks di atas yang paling sempurna tergolong kedalam jenis teks... 

A. Fiksi 

B. Nonfiksi 

C. Faksi 

D. Hybrid 

E. Biografi fiksi 



2. Jika dikaitkan pada proses pembelajaran siswa sekolah dasar teks esai sanggup digunakan selaku upaya dan bentuk langkah nyata dalam menyediakan pengertian siswa terkait dengan aneka macam keterangan yang terjadi. Berdasarkan hal tersebut hal apa lagi yang sanggup ditemukan dari penggunaan teks esai, kecuali… 

A. Teks esai sanggup menggambarkan atau menjelasakan wacana suatu hal atau objek seumpama seseorang ataupun suatu benda yang menawan perhatian penulis 

B. Teks esai sanggup menyebutkan wacana tipe atau budpekerti seseorang dalam suatu pembahasan atau suatu keterangan terhadap pembaca 

C. Teks esai sanggup membahas suatu topik keterangan atau topik dengan klarifikasi yang dalam yang berafiliasi dalam kehidupan sehari-hari 

D. Teks esai sanggup menerangkan wacana proses atau tahapan “mengapa” dan “bagaimana” terjadinya suatu insiden atau fenomena 

E. Teks esai sanggup menerangkan wacana insiden dan insiden “mengapa” dan “bagaimana” hal itu sanggup dilakukan. 



3. Saudara merupakan guru profesional yang diperintahkan menjadi guru kelas I (satu) Sekolah Dasar. Dalam Kompetensi Dasar pembelajaran berikutnya Saudara dituntut untuk menyediakan bahan wacana teks nonfiksi. Teks nonfiksi sepert apakah yang akan Saudara sampaikan dalam pembelajaran... 

A. Teks nonfiksi berupa autobiografi sederhana agar siswa lebih mengetahui dirinya 

B. Teks nonfiksi berupa autobiografi wacana diri sendiri sementara bahan pengembangannya menggunakan bahan teks biografi 

C. Teks nonfiksi yang diubahsuaikan dengan kompetensi dasar dan tema pembelajaran pada dikala itu, mudah-mudahan berkaitan dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan 

D. Teks nonfiksi sejarah lantaran anak kelas rendah menggemari bahan bercerita 

E. Teks nonfiksi berupa dongeng lantaran selain dongeng sejarah siswa kelas rendah juga menggemari dongeng 



4. Dalam kaidah kebahasaan penulisan teks nonfiksi haruslah menggunakan kalimat efektif. Diantara salah satu syarat yang mesti dipenuhi dalam kalimat efektif merupakan kesepadanan. Dibawah ini manakah kalimat yang menerangkan kesepadanan... 

A. Usualan observasi ini sudah usang diajukan, tetapi kepala proyek belum menyetujuinya. 

B. Usualan observasi ini sudah usang diajukan, tetapi kepala proyek belum juga menyetujuinya hingga dikala ini. 

C. Hingga dikala ini kepala proyak belum menyepakati tawaran observasi yang diajukan, padahal itu sudah diajukan sejak sebulan lalu 

D. Kami sudah usang mengajukan tawaran observasi ini, tetapi kepala proyek belum menyetujuinya 

E. Kami sudah usang mengajukan tawaran observasi ini, tetapi belum juga disetuji oleh kepala proyek 



5. Selain mesti menyanggupi unsur kesepadanan, dalam penggunaan kalimatnya teks nonfiksi haruslah logis yang bermakna... 

A. Kalimat yang disusun haruslah masuk kebijaksanaan dan sanggup dicerna kebijaksanaan tanpa membuat kesusahan untuk memahaminya walaupun tidak koheren 

B. Predikat-predikat yang digunakan dalam kalimat mesti sebanding kalau predikat pertama menggunakan predikat aktif maka predikat kedua juga mesti menggunakan predikat aktif, dihentikan berlawanan 

C. Gagasan yang disusun dalam esai dihentikan bertumpuk dalam satu kalimat lantaran sanggup mengaburkan kejelasan keterangan yang diungkapkan. 

D. Menggunakan kata-kata yang ekonomis hendaknya menetralisir cuilan yang tidak diperlukan, menjauhkan penggunakan kata depa dari dengan daripada,menghundarkan pemakanaian kata yang tidak perlu, menetralisir pleonase, serta menyingkir dari penggunaan hipernim dan hiponim secara bersama-sama 

E. Adanya kohesi dan koherensi antara struktur pembentuk kalimat, memperhatikan ejaan bahasa Indoenesia (EBI), sempurna struktur fungsinya, sistematis, dan tidak ada pemborosan kata.



6. Cermati penggalan paragraf berikut! 

...Selain itu, kebakaran hutan dan lahan ini juga sungguh mempunyai pengaruh pada emisi gas rumah kaca, terang Ruandha. Kebakaran pada tahun ini diperkirakan menghasilkan penurunan emisi cuma sekitar 16%. Diharapkan menghambat terjadinya kebakaran di gambut, lantaran di situlah kuncinya. Kebakaran tahun ini juga tidak dipertanyakan pada waktu KTT, alasannya merupakan tertutup oleh kebakaran di Amazone dan Australia. Penggalan kalimat diatas merupakan struktur teks nonfiksi yaitu pada bagian... 

A. Bagian pendahuluan 

B. Bagian thesis statemnet 

C. Bagian urutan pristiwa 

D. Bagian inti 

E. Bagian penutup 


7. Struktur esai secara lazim berisikan pendahuluan, cuilan inti, dan simpulan. Dalam pemaparan cuilan pendahuluan hendaknya menakankan mudah-mudahan menawan perhatian pembaca dan pentingnya topik tersebut untuk dikaji. Pendahuluan esai yang disusun secara tepat, ialah... 

A. Menggambarkan latar belakang yeng berisi kondisi ideal, faktual, dan penyelesaian atas permasalahan yang akan dipaparkan 

B. Menggambarkan latar belakang dan suasana terkini terkait topik yang dihidangkan dari klarifikasi khusus ke klarifikasi lazim yang berisi kondisi faktual dan permasalahan yang diangkat 

C. Berisiskan bagaian pengembangkan ilham yang diangkut dalam thesis statement yang dikupas dan dikembangkan sesuai dengan jenis esai yang ditulis 

D. Menggambarkan latar belakang dan suasana terkini terkait topik tersebut yang dihidangkan dari penjelasana lazim kearah yang lebih sempit menggambarkan kondisi faktual dan permasalahan yang diangkat 

E. Berisiskan latar belakang yang merupakan pemetaan logis dari topik yang mau dibahasa sesuai tujuan jenis esainya 


8. Cermati penggalan paragraf berikut in! 

Pembangunan pabrik tekstil yang tidak cocok hukum bisa mempunyai pengaruh buruk pada lingkungan di sekitarnya. Efek samping yang di timbulkan bisa berupa kekeringan, polusi udara, banjir dan penyakit. Adanya pabrik industri sanggup juga membuat kegaduhan sehinggan kehidupan warga terganggu. Selain itu juga asap pembuangan menyebabkan polusi udara juga sanggup membuat aneka macam macam penyakit susukan pernafasan. Keadaan tersebut pasti menghasilkan penduduk kalut lantaran kehidupan mereka menjadi lebih baik. 
Kalimat yang tidak koheren dari paragraf diatas ialah... 

A. Kalimat kesatu 

B. Kalimat kedua 

C. Kalimat ketiga 

D. Kalimat keempat 

E. Kalimat kelima 


9. Cermati teks di bawah ini! 

1) Bandung Lautan Api merupakan sejarah milik rakyat Bandung yang akan senantiasa diingat selaku agresi patriotik warga Bandung dalam menjaga tanah airnya. 

2) Agar tidak dikuasai NICA rakyat dan prajurit meninggalkan Bandung gotong royong dengan lebih dahulu membumihanguskannya. 

3) Pembumihangusan itu merupakan taktik mudah-mudahan sekutu tidak dapat menguasai Bandung 

4) Penduduk Bandungmengosongkan Bandung 11 km dari sentra kota. 

5) Bandung Lautan Api tidak cuma menjadi insiden setempat yang terjadi di Bandung, tetapi juga menjadi perhatian nasional lantaran pengaruh luas yang ditimbulkannya. 

Cerita tersebut menerangkan struktur teks narasi sejarah. Di bawah ini struktur teks narasi sejarah yang paling sempurna adalah... 

A. Orentasi, urutan peristiwa, reorientasi 

B. Orientasi, urutan peristiwa, reorietnasi, klimaks 

C. Koda, orientasi, statemnet, simpulan 

D. Pendahuluan, orientasi, isi, penutup 

E. Orientasi, isi, simpulan, saran 



10. Cermati penggalan biografi berikut. 

Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta , 02 Mei 1889. Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, dikala genap berusia empat puluh tahun menurut hitungan tahun Caka, berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Sejak dikala itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan didepan namanya. Hal ini dimaksudkan agar ia sanggup bebas bersahabat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya. Perjalana hidupnya sungguh-sungguh diwarnai usaha dan dedikasi demi kepentingan bangsanya. Ia menyelesasikan SD di ELS (Sekolah Dasar BelSaudara), kemudian sempat lanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumi putera), tetapi tidak hingga lulus lantaran sakit. Setelah itu, ia melakukan pekerjaan selaku wartawan di beberapa surat kabar, antara lain Sedyotomo,Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Pada masanya ia tergolong penulis yang Saudaral. Tulisantulisannya sungguh komunikatif, tajam, dan patriotik sehinga bisa membangkitkn semangat antikolonial bagi pembacanya. Keteladanan Ki Hajar Dewantara dalam kutipan tersebut adalah... 

A. Ia berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta yang sungguh disegani dan dihormati lantaran rendah hati. 

B. Ia berprestasi di Seklah Dasar di ELS (Seklah Dasar BelSaudara), kemudian bisa lanjut ke STOVIA 

C. Perjalanan hidupnya sungguh-sungguh diwarnai usaha dan dedikasi demi kepentingan bangsa 

D. Dia tidak murung di saat mesti rela menanggalkan gelar kebangsawanan lantaran kalau ingin bersahabat dengan rakyat 

E. Dia bisa melakukan pekerjaan selaku wartawan dibeberapa surat kabar dengan modal keterampilannya dalam menulis. 


Demikian tadi postingan tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Bahasa Indonesia KB 3 PPG Terbaru. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurtilas : Contoh Ucapan Selamat Hari raya Idul Fitri Bahasa Sunda Tahun Ini

Kurtilas : Soal UTS TIK (Komputer) Kelas 4 SD Semester 2 / Genap

Kurtilas : Contoh Tata Tertib Perpustakaan yang Baru