Ppg Daljab 2020/2021: Soal Dan Kunci Respon Tes Formatif Modul 1 Kb 2 Ppg Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 PPG Terbaru - Pada peluang kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Kegiatan Belajar 2 Modul 1 – Pedagogik : Konsep Dasar Ilmu Pendidik. Dalam Modul 1, Anda akan mempelajari mengenai konsep dasar ilmu pendidikan. Setelah mempelajari Modul 1 ini, secara lazim Anda dibutuhkan bisa menerapkan konsep dasar ilmu pendidikan untuk mendukung kiprah selaku pendidik profesional.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari keseluruhan bahan pada kegiatan berguru 2, Saudara dibutuhkan bisa menerapkan bervariasi karakteristik penerima didik selaku pijakan dalam merancang pembelajaran yang kreatif untuk mendukung kiprah keprofesian selaku pendidik, yang memesona yang dilandasi sikap berwibawa, tegas, didiplin, sarat panggilan jiwa, diikuti dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahatian. Adapun indikator untuk mendukung capaian pembelajaran tersebut dibutuhkan Anda dapat:
- Menjelaskan pemahaman karakteristik penerima didik.
- Menjelaskan ragam/macam-macam karakteritik penerima didik.
- Menerapkan faedah mengenal karakteristik penerima didik selaku pijakan dalam pembelajaran
POKOK MATERI
Mengacu pada capaian pembelajaran yang sudah ditetapkan, maka materi- bahan pokok yang hendak diuraikan dalam modul-1 kegiatan berguru 2 mata kuliah Pedagogik yakni :
- Pengertian karakteristik penerima didik
- Ragam karakteristik penerima didik
- Manfaat mengenal karakteristik selaku pijakan dalam pembelajaran
Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia
RANGKUMAN KB 2 Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Peserta didik dalam sebuah kelas atau sekolah memiliki karakteristik yang berbeda- beda. Perbedaan-perbedaan yang ada perlu dikontrol secara baik. Namun bila perbedaan tersebut tidak dikontrol secara baik, maka akan memunculkan permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran. Karakteristik penerima didik banyak ragam yaitu: etnik, kultural, status sosial, minat, kemajuan kognitif, kesanggupan awal, gaya belajar, motivasi, kemajuan emosi, kemajuan sosial dan kemajuan moral dan spiritual, dan kemajuan motorik. Adapun rencana penguatan integritas inovatatif menampung beberapa indikator, diantaranya :
- Adanya figur teladan yang sanggup diteladani oleh anak;
- Adanya simbol-simbol (gambar, poster, spanduk, kata-kata bijak, yel-yel, lagu) yang memberi pemikiran sikap berintegritas;
- Adanya akad bareng antara anak dan guru terkait pengamalan sikap berintegritas;
- Adanya akad bareng guru dan orang bau tanah / penduduk terkait pengamalan sikap berintegritas;
- Adanya konsistensi dalam mempraktekkan sikap berintegritas di semua kegiatan dan proses pembelajaran;
- Adanya dorongan atau apresiasi biar anak berperan aktif dalam mempraktekkan sikap berintegritas;
- Adanya dorongan atau apresiasi biar anak mengajak temannya bertingkah berintegritas;
- Adanya dorongan atau apresiasi biar anak berani mendeklarasikan diri selaku pribadi dengan sikap berintegritas;
- Adanya konsistensi penerapan nilai keadilan dalam manajemen sekolah menyerupai bebas dari pungli, gratifikasi dalam bentuk apapun.
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 PPG Terbaru |
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 PPG Terbaru
1. Guru A di saat menjalankan proses pembelajaran senantiasa memakai media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang memakai poster berwarna, biar penerima didiknya memperhatikan dan kesengsem terhadap apa yg dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilaksanakan demikian sebab pertimbangan:
a. Gender penerima didik
b. Kultural penerima didik
c. Etnik penerima didik
d. Minat penerima didik
e. Gayabelajarpesertadidik
2. Pada di saat pembelajaran berjalan guru mengingatkan penerima didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut memiliki arti memperhatikan aspek:?
a. Sosial
b. Kultural
c. Etnik
d. Status sosial
e. Motivasi
3. Pada sebuah proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak penerima didik akan dikembangkan faktor motorik kasarnya, maka pendidik sanggup menugaskan penerima didiknya untuk menjalankan kegiatan:
a. Meronce menghasilkan kalung
b. Menendangbola
c. Memasangpuzzle
d. Menjiplak huruf
e. Mewarnai pola
4. Perkembangan moral penerima didik/anak menurut Kohberg berisikan beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yakni tahap dimana anak menganggap baik-buruk berdasarkan:
a. Persetujuan orang lain
b. Akibat perbuatan
c. Kontrak/imbal jasa
d. Ketertiban sosial
e. Hati Nurani
5. Pak Anton di saat akan menjalankan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya menjalankan pre tes apalagi dahulu, dengan maksud ingin mengenali wawasan dan kemampuan yang sudah dimiliki penerima didiknya selaku kriteria untuk mengawali pembahasan topik tersebut. Hal ini memiliki arti Pak Anton memperhatikan karakteristik penerima didik dalam hal:
a. Motivasi belajarnya
b. Kemampuan awalnya
c. Perkembangan emosinya
d. Perkembangan sosialnya
e. Perkembangan motoriknya
6. Peserta didik dalam sebuah kelas gaya belajarnya bervariasi ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar sanggup menyanggupi ketiga gaya berguru tersebut, guru perlu:
a. Menggunakan tata cara ceramah, diskusi, tanya jawab.
b. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
c. Menggunakan kesibukan audio dan modul.
d. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
e. Menggunakan modul dan powerpoint.
7. Pak Adit seorang guru Sekolah Menengah Pertama X, di saat menjalankan proses pembelajaran menghadapi penerima didik yg berasal dari aneka macam latarbelakang keadaan keluarga, ada keluargamampu, ada yg miskin, ada yg orang tuanya menjadi pejabat, ada yang selaku buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit menampilkan perhatian dan pelayanan yang serupa terhadap penerima didiknya. Hal ini bekerjsama Pak Adit memperhatiakan karakteristik penerima didik terutama:
a. Etnik
b. Minat
c. Motivasi
d. Status social
e. Kultural
8. Pada sebuah proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan perayaan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya sudah menghimbau terhadap penerima didik untuk mengenakan pakaian tempat masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik penerima didik, khususnya aspek:?
a. Motivasi
b. Minat
c. Status Sosial
d. Etnik
e. Moral
9. Perkembangan kognitif penerima didik SD berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang mengetahui bahan pelajaran yang disampaikan gurunya secara lisan saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif bila diikuti dengan menggunakan:
a. Media cetak
b. Media grafis
c. Media gambar
d. Media benda nyata
e. Media poster
10. Pak Aris ialah guru kelas V SD di saat menampilkan pembelajaran menyanyi/musik, menegaskan lagu-lagu dari asal tempat penerima didiknya. Tindakan guru tersebut sebab memperhatikan karakteristik penerima didik terutama: ?
Pilih salah satu:
a. Minat
b. Gender
c. Status social
d. Kultural
e. Etnik
Demikian tadi postingan tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 PPG Terbaru. Semoga Bermanfaat.
Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif
Komentar
Posting Komentar